Project Management Office




SD Islam Al-Fajar sebagai sekolah penggerak diwajibkan untuk melaksanakan PMO . Kepala sekolah Bapak M. Suparno , S.Pd. MM dan wakilnya yaitu Bapak Suharyono, M.Pd.  ( wakil kurikulum) Bapak Dedi Suparman, M.Kom.1(wakil kesiswaan) hari ini mengadakan meeting rutin untuk membahas PMO tersebut.
Dalam hal ini kepala sekolah bersama pelatih ahli (PA)  Ibu Aning Maunah S.Pd. dan Ibu Cholifah, S.Pd. membahas  PMO atau Project Manajemen Office yang harus dilakukan oleh guru - guru di SD Islam Al Fajar.   Kegiatan ini dilakukan untuk mengevaluasi, merefleksi dan mendiskusikan serta mengawal kegiatan sekolah penggerak terutama dalam hal Project Learning atau pembelajaran berbasis proyek.

Adapun yang bisa dilakukan dalam melakukan PMO diantaranya  mengenai Administrasi guru dan Pembelajaran berdiferensiansi.

A. Administrasi Guru

1. Prota
2. Prosem
3. Capaian pembelajaran
4. Tujuan Pembelajaran
5. Alur tujuan pembelajaran
6. Modul Ajar
7. Jurnal/Agenda
8. Absensi
9. Dafnil
10. Buku pegangan 
11. Bahan ajar
12. Kisi-kisi soal
13. Kartu soal
14. Analisis hasil ulangan
15. Program remedial 
16. Program pengayaan 
17. Buku pegangan .

B. Pembelajaran Berdiferensiansi

 merupakan suatu upaya untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa yg sesuai kodrat alam dan kodrat zaman serta implementasi dari pembelajaran yanng berpihak pada murid.

Diawali dengan pemetaan kebutuhan murid.

Pemetaan kebutuhan 

1. Tingkat kesiapan
2. Minat Murid
3. Profil belajar murid

Strategi 

1. Diferensiasi Konten
2. Diferensiasi proses
4. Diferensiasi produk.

Ad.1 
1. Materi yang disajikan 
2. Terdapat variasi aktifitas keterampilan /pengetahuan
3. Pengetahuan yg disajikan memungkinkan menyampaikan lagi pada teman sebaya
4. Terdapat variasi aktivitas
5. Aktivitas yang melibatkan murid secara aktif .

Hal-hal yang disampaikan oleh kepala sekolah mengenai Administrasi sekolah dan pembelajaran berdiferensiasi yang dilaksanakan oleh para  guru  , dapat di pahami dan penulis sebagai guru kelas 6 , walaupun belum melaksanakan program kurikulum merdeka, namun pada pelaksanaannya kami telah mengadakan pembelajaran program kurikulum merdeka. 

SD Islam Al Fajar sudah melaksanakan kurikulum merdeka selama dua tahun berjalan yaitu kelas 1 , kelas, 3, kelas 4, kelas 5 . Alhamdulillah program yang di laksanakan berjalan dengan baik tanpa kendala yang berarti.

Semoga pelaksanaan kurikulum merdeka bisa memberikan dampak yang positif  bagi   pendidikan di Indonesia secara keseluruhan. Tidak hanya program yang hanya memenuhi kebutuhan proyek tertentu saja, namun sebagai guru , penulis berharap Kurmer menjadi solusi terbaik bagi pendidikan di Indonesia , dan bukan hanya program yg berganti istilah saja. 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rapat Pleno Kenaikan Kelas SD Islam Al-Fajar di halaman Sekolah....Ada apa?

TENTANG PALESTINA. Mengapa harus membelanya?

Putriku Tersayang Hari ini 21 Usiamu