Saat Allah memanggilmu, tetehku sayang


Hari ini tanggal 9 Djulhijah bertepatan dengan tanggal 27 Juni 2023.  9 Djulhijah oleh umat Islam sangat dinanti hadirnya ...karena hari ini yang berpuasa akan dihapus dosanya selama 2 tahun. Umat Islam yang berhaji....melaksanakan wukuf di Arafah ( berdiam diri ) di Arafah. 

Hari Arafah  di Indonesia terdapat perbedaan pendapat. Pemerintah dengan tim rukyatnya menetapkan tanggal 1 Dhulhijah , yaitu hari Selasa tanggal 20 Juni 2023  sehingga tanggal 9 Dulhijahnya jatuh pada  hari Rabu 28 Juni 2023. Sementara Ormas  Muhammadiyah dengan tim Hisabnya menetapkan 1 Dhulhijah yaitu  hari Senin 19 Juni 2023, mengikuti waktu dan penetapan  Saudi Arabia. Masing masing pendapat memiliki dalil yang mendukungnya.  
Aku lebih mengikuti kecondongan hatiku  dan dalil yang dipakai Muhammadiyah, bahwa hari Arafah mengikuti waktu dimana umat Islam sedang mengikuti wukuf di Arafah maka umat Islam yg tidak berhaji melaksanakan puasa Arafah.

 Ya Allah terimalah ibadah dan puasaku hari ini. Seiring waktu berlalu , hari ini tepat umurku 54 tahun, 27 Juni 69 - 27 Juni 2023. Bersyukur karena Allah memberi waktuku sampai usia ini. 
Hari ini pun tetehku sayang meninggalkan kami semua. Allah telah memanggilnya. Waktunya telah tiba dan rejeki teteh sudah habis.  Kami sangat sedih ditinggalkan olehmu, tapi yakin Allah lebih sayang padamu. Penyakit paru yang kau derita membuatmu sangat menderita selama lebih kurang satu tahun ini.
Allohimagfirlaha warhamha waafiha wafuanha .

Kami menuju Ciamis  beberapa saat setelah mendapat kabar teteh meninggal. Perjalanan menuju CIAMIS terbilang lancar, walaupun ada sedikut tersendat di TOL Cikampek. Bayi Zayyan sedikit rewel. Tapi semuanya masih aman dan baik baik saja.
Aku menunggu Adzan magrib sambil menikmati perjalanan.
Insya Allah tiba di tempat tujuan pukul 17.00...

Dalam  perjalanan menuju Ciamis, 27 Juni 2023. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rapat Pleno Kenaikan Kelas SD Islam Al-Fajar di halaman Sekolah....Ada apa?

TENTANG PALESTINA. Mengapa harus membelanya?

Putriku Tersayang Hari ini 21 Usiamu