Virus KBMN itu nyata


Alhamdulillah kegiatan webinar yang diselenggarakan melalui zoom meeting, berjalan lancar . Dihadiri oleh  60-70 orang peserta yang berada di lingkungan gugus 2  , Jatiasih Kota Bekasi Jawa Barat.

Kegiatan ini adalah program rutin  dari Gugus 2, dimana hari ini yang berperan aktif dan yang berkesempatan untuk mengisi ruang kegiatan diberikan kepada SD Islam Al-Fajar. 


Acara di buka oleh ibu Moderator yg manis yaitu bu Eka. Seperti biasa dalam acara tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-quran oleh Ibu Najla ,  menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan  sambutan -sambutan. 

Sambutan pertama di bawakan oleh ketua gugus 2 yaitu ibu Tri Surisniati, M.Pd.  Sambutan berikutnya yaitu  ketua KKPS yaitu Bapak H. Supyanto , M.Pd. 
Alhamdulillah peserta yang hadir adalah  guru guru hebat yang mau meluangkan waktunya utk menambah ilmu . Dalam Suasana Ramadhan hari ke 9, guru hebat tidak gentar dengan kegiatan sekolah dan tidak  menjadi penghalang dalam berpuasa. 

Tibalah saatnya pemaparan materi inti webinar pertama oleh Bu Lesna Fisa , S.Pd. tentang pembelajaran matematika berdiferensiasi dalam kerangka kurikulu4m merdeka. Bu  Lesna memaparkan materi dengan sangat menarik , lugas dan jelas.

 Setelah selesai , lanjut ke Materi ke dua tentang Literasi di bawakan  oleh penulis , dengan membawakan  tema "Menulis itu menyenangkan". 

Sejak awal penulis mengungkapkan bahwa rasanya belum cukup ilmu,  jika  harus disebut sebagai pemateri , namun disini penulis  hanya ingin  sharing / berbagi pengalaman. Rasanya masih sedikit ilmu tentang menulis yang penulis kuasai. 
Penulis ingin sharing pengalaman tentang kegiatan menulis dan  pelatihan yang diikuti di KBMN ( kegiatan belajar menulis nusantara) 28 PGRI.

Menulis merupakan hobby penulis  semenjak kecil . Diam-diam penulis  menyadari kekurangan yang dimilikinya, bahwa penulis tidak pandai berkata kata, atau merangkai kata dengan baik, padahal ingin rasanya mengungkapkan banyak hal.  Untuk menutupi kekurangan itu  itu , maka penulis  alihkan dengan cara menulis. Dengan menulis apa yang ingin di ungkapkan bisa tersampaikan, dan jika salah,  bisa dikoreksi dengan cara menghapusnya. Betulkan?

Saat pandemi beberapa waktu lalu, sekitar  tahun 2019, seorang teman mengajak ku untuk ikut dalam kegiatan menulis , dan dari situ menghasilkan 2 buah buku antalogi. Kemudian lanjut lagi menulis dengan guru guru di sekolah SD Islam Al Fajar dan menghasilkan 1 buku antalogi tentang pembelajaran di masa pandemi. Semakin haus menulis , bergabung dengan grup Leguty media dan menghasilkan 4 buku antalogi tentang cerita anak. 

Stag....beberapa lama tidak menulis, akhirnya pada awal bulan Januari kembali Allah menghadirkan  sahabatku Ewi , dan mengajak bergabung dengan  grup menulis KBMN 28 PGRI. Syarat mengikuti kelas /pelatihan ini kita harus punya blog sendiri, sementara saya belum punya blog. Ewi sahabatku mengatakan,  " Sudah ikut aja dulu...gampang ko bikin blog mah". Dan benar saja...setelah mengikuti cara membuat blog di mbah google, Blog pribadiku sudah jadi dengan link 
Http/notesina.blogspot.com.

Tentang KBMN 28 PGRI. Disini penulis  mendapatkan banyak ilmu mengenai dunia menulis.  Dari KBMN 28 telah bisa menerbitkan 1 buku antalogi . Sekarang sedang proses buku  antalogi Nasehat Cinta kepada Bujang , dan  buku solo Kutemukan mimpi di dunia literasi.  

Forum  Kegiatan kelas belajar  menulis nusantara  (KBMN) . melakukan sebuah kegiatan yang sangat luar biasa . Di mana selama 30 pertemuan kami di berikan ilmu oleh para pakar Nasional maupun lokal yang mumpuni di bidangnya. Dan itu semua tidak berbayar. Dr. Wijaya kusuma sebagai founder dari KBMN , telah berhasil membuat wadah yang sangat luar biasa , dimana orang orang di dalamnya begitu berlomba ingin  berbagi ilmu tanpa memikirkan ingin mengambil keuntungan dari ilmu mereka. KBMN di didirikan oleh Omjay untuk mempasilitasi guru guru seluruh indonesia agar mahir menulis .  Betapa mulianya Omjay. Begitulah Dr. Wijaya Kusuma  kami panggil dengan sapaan  'Omjay'. Semoga Allah memberikan Keberkahan kepada para Guru/ nara sumber  di KBMN 28 Juga tim solid Omjay yang luar biasa bekerja dengan ikhlas.

Kepada para peserta Webinar siang ini , penulis  ingin menularkan semangat menulis dengan dengan cara Menulis dari pengalaman dan kegiatan  sehari-hari .  Lalu mulai menulis dengan cara ngemil. Menulis sedikit sedikit saja,  tidak harus banyak yang penting sering (seperti ngemil).

Menulis pada era industru 0.4 sekarang ini, tidak perlu pulpen dan kertas. Kita bisa manfaatkan gadget /HP yang kita miliki.  Bisa memanfaatkan aplikasi word, IG, FB , blog dll. 

Sharing pengalaman penulis  diberikan waktu 30 menit . Semoga apa yang penulis sampaikan bermanfaat. Virus Para Narsum di KBMN 28 itu nyata...menyebar luas kepada para penulis untuk  membagikan ilmunya ke penjuru Nusantara bahkan dunia.

Berikut ini adalah link ppt yang penulis buat :


Bekasi, 9 Ramadhan 1444H 
             31 Maret 2023 

         Ina 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rapat Pleno Kenaikan Kelas SD Islam Al-Fajar di halaman Sekolah....Ada apa?

TENTANG PALESTINA. Mengapa harus membelanya?

Putriku Tersayang Hari ini 21 Usiamu