Yuuk menulis Puisi






 Resume.        : 17

Gelombang   :  28

Hari,tgl.         : Rabu, 15 Feb 2023

Tema.             :  Menulis Puisi

Narasumber : Dr. hj. E. Hasanah , M.Pd.

Moderator.   : Sim Chung Wei, SP.


Bismillahirrohmanirrohim, 

Pertemuan hari ini sudah ku nanti kan. Ya......menulis puisi , satu hal yang aku sukai. Aku ingin tahu trik dan tips nya.

Malam ini akan dipandu oleh Moderator koh Sim Chung Wei dan Narasumber yang segudang pengalaman dan ilmunya yaitu  ibu Hasanah .

Ibu Hasanah lahir di Sukabumi, 10 Agustus 1967 . Beliau dikaruniai 3 orang anak yang semua sukses . Biodata lengkap beliau bisa dilihat di link berikut ;

https://hasanahhalima.blogspot.com/2023/02/profil-e-hasanah.html


Pengertian Puisi 


Menurut KBBI

Puisi adalah  Ragam sastra  yang bahasanya  terikat oleh irama, matra, rima serta penyusunan baik dan larik.

Puisi sama dengan Sajak

~ Sajak  bebas 

Puisi yang tidak terikat oleh irama, matra, rima, bait dan larik.

~ Sajak berpola 

~ Sajak  dramatik

~ Sajak  lama

~ Sajak mbeling.

Puisi menurut HB. Yassin. yaitu 

Suatu karya sastra yang diungkapkan dengan perasaan dan memiliki gagasan atau pikiran serta tanggapan terhadap suatu hal/ kejadian tertentu.



Ciri- ciri Puisi Baru :

1. Memiliki bentuk yang rapi dan simetris (sama)

2. Persajakan akhir yang teratur

3. Menggunakan pola sajak pantun dan syair walaupun dengan pola yang lain.

4. Sebagian besar puisi empat seuntai.



Ciri-Ciri Puisi Lama:

1. Tidak diketahui nama pengarangnya

2.Penyampaian dari mulut ke mulut, merupakan sastra lisan 

3. Sangat terikat oleh aturan , misalnya jumlah baris dalam tiap bait.


Struktur Fisik Puisi:

~ Bentuk : Bait , baris
~ Diksi.    : Pemilihan kata indah dan     
                    memiliki kekuatan makna 
~ Majas   : Makna kias untuk 
                   megungkapakan isi hati   
                   penyar
~ Rima.   : Persamaan bunyi di akhir 
                   baris.

Jenis Puisi ;

1. Puisi lama.

    Puisi yang masih terikat oleh aturan 

     aturan.

2. Puisi baru

     Puisi yang tidak terikat oleh aturan


Macam-Macam Puisi Lama

~ Pantun
~ Seloka 
~ Talibun 
~ Syair

****
                       Hatimu beku

Hembusan  angin di batas senja ini
Mengaduk perasaan getir tak bertepi 
Mengoyak perih sisa kemaren.
Namun tetap
Masih ada setitik cahaya di sana 

Ku ingin kau tahu bahwa 
Bukan itu yg aku mau
Bukan itu yang kuinginkan
Aku....
Sulit menggapai mu 
Jika kau masih berdiri kaku disitu
Aku sulit menyentuh hatimu
Dinding egomu membatasi 
Semua syair yg ingin aku nyanyikan 

Aku terdiam beku 
Tak ada denting yang mengalir
Utk sekedar menghangatkan jiwaku.

Hanya lapadz Illah 
Yang menghangatkan bathinku

****

Demikian materi mengenai puisi. Sesi berikutnya  dilanjutkan dengan tanya jawab.

Alhamdulillah....terimakasih ilmunya ibu Hasanah.

Bogor, Februari 2023

Ina

Komentar

  1. Yuuk menulis puisi.
    Ayooo
    Mana dulu puisinya.

    Aku adalah aku
    Bukan kau
    Karena aku bukanlah kau
    Dan Kau bukanlah aku.

    He, he, he.

    BalasHapus
  2. Pa Khasan ...makasih . Tuh puisinya belum selesai...hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rapat Pleno Kenaikan Kelas SD Islam Al-Fajar di halaman Sekolah....Ada apa?

TENTANG PALESTINA. Mengapa harus membelanya?

Putriku Tersayang Hari ini 21 Usiamu