Tips Menulis Cerita Fiksi

 
 Resume.            : 10

Gelombang.       :  28

Hari/tgl.              : Senin 30 Januari 2023

Narasumber      :  Sudomo S.Pt

Moderator.         :  Bambang Purwanto, S.Kom 


Bismillahirrohmanirrohim, 

Hari ini pertemuan ke-10 kelas menulis PGRI. Pertemuan ini sangat aku nantikan  karena materi  malam ini sangat aku sukai,  menulis cerita fiksi , aku ingin menulis cerita fiksi. Flyer sudah di share sejak siang tadi . Dan sore hari sang moderator , Mr. Bram telah mulai memberikan secari kertas tulis Mazmo, Narasumber nanti malam yang berjudul Jangan mengenalku nanti Kecewa. Kubaca tulisan itu di Kompasiana. 

Mazmo yang rendah hati , tidak mau namanya di kenal, karena merasa dirinya bukan apa-apa dan bukan siapa siapa. Beliau seorang yang sangat bersahaja .

Beliau adalah guru IPA di SMP Negeri 3 Lingsar selama 16 tahun. Beliau sekarang menjabat sebagai Ketua Komunitas Guru Penggerak di Lombok Barat. Prestasi beliau diantaranya adalah ;

1. Pemenang lomba menulis bahan bacaan literasi tahun 2016 dan 2019 tingkat Provinsi NTB.

2. Juara lomba menulis di blog versi indihome tahun 2021.

3. Juara Favorit menulis di satuguru.id.

4. Pemenang video inovatif Implementasi Kurikulum Merdeka tingkat Provinsi NTB tahun 2022.

    Diantara karya beliau adalah yang berjudul " Di Penghujung Pelukan", sebuah buku yang ditulis dengan teknik kolaborasi bersama penulis fiksi Iit Sibarani tahun 2017. lalu pada 2018 buku solo pertama terbit yang berjudul " Pahlawan Antikorupsi:Sudah Adil, Kok!". Hingga awal tahun 2023, novel anak berhasil diterbitkan secara digital yang berjudul " Bermain Sambil Belajar : Tim Pencari Pesawat Sederhana" di Playstore.

2.  Eksplorasi Konsep. 

        Pada alur ini, kami  persilakan mempelajari secara mandiri materi yang telah disiapkan oleh mazmo dalam bentuk cerita pendek. Bapak/Ibu bisa membaca dan membuat catatan/pertanyaan terkait materi yang ingin digali lebih dalam lagi. Kami diminta untuk membaca di tautan ini  https://s.id/MateriSudomo
Dari materi yang di baca maka ditemukan  hal-hal berikut ;  alasan mengapa harus menulis cerita fiksi, syarat bisa menulis cerita fiksi, bentuk-bentuk cerita fiksi, unsur-unsur pembangun cerita fiksi, dan tips menulis cerita fiksi.
Beberapa poin penting  yaitu :

a. Fiksimini, yaitu fiksi singkat yang hanya terdiri dari beberapa kata saja. Contoh fiksimini yang terkenal For sale: baby shoes, never worn.
Ernest Hemingway
Jika diperhatikan,  kalimat yang teramat itu memiliki maknanya luas dan dalam.
b. Flash fiction, yaitu cerita kilat dengan kekhususan jumlah kata. Biasanya mengandung plot twist.
    Selanjutnya adalah terkait unsur pembangun cerita fiksi yang perlu ditambahkan adalah premis. Premis adalah ringkasan cerita dalam satu kalimat.
Contoh premis: Seorang anak yang berjuang melawan penyihir jahat demi kedamaian dunia.
( premis dari novel Harry Potter.)  Kekuatan premis adalah mampu menggambarkan novel yang tebal hanya dalam satu kalimat saja. Premis mengandung unsur, yaitu tokoh, tantangan, tujuan tokoh, dan resolusi.

3 .  Ruang Kolaborasi. 

Pada alur ini kita diberi beberapa kalimat,  dan dipersilakan untuk melanjutkan kalimatnya  sendiri menjadi satu paragraf.

Perlahan suara-suara itu menghilang. Dalam gulita aku menggigil sendirian. Mendadak bulu kudukku meremang. Terdengar suara di kejauhan. Semakin lama kian mendekat.Hatiku kiat berdegup kencang . Rasaku semakin tak karuan. Aku berada di sudut ketakutan . Ingin aku berteriak meminta tolong, namun hutan disekelilingku menerkam. Aku harus  bermalam disini , karena tidak menemukan jalan pulang . Aku tersesat di lebatnya hutan di ketinggian gunung merapi. Lelah seharian berkeliling tak kutemukan ujung jalanan. Hanya dengan berdzikir hati ini menjadi tenang. Ku sebut nama Allah berkali kali dan aku beristigfar dengan semua yang terjadi hari ini. Ketakutanku menghilang , tiba- tiba aku melihat banyak orang berjubah putih berwajah tampan berdatangan , aku semakin tenang . lalu aku melihat ibuku diantara mereka, aku semakin nyaman, lalu aku terlelap dipangkuan malam.

 
4. Demonstrasi Kontekstual.

 Pada alur ini kami diminta  menuliskan 5 tema yang paling kami  sukai dan kuasai. Kita dipersilakan  menuliskannya di notes HP atau docs atau di mana saja. Aku menuliskan tema :

Kelasku , dunia kecil yang indah. Kelasku yang ajaib. Tersesat di gunung merapi. Bukan doa ibuku . Aku  tidak mau menjadi penghapal quran.

5. Elaborasi Pemahaman. 

Pada alur ini  Narasumber langsung memberikan kesempatan kepada kami untuk mealakukan tanya jawab. Bebeapa pertanyaan yang menari dan aku catat disini ;
1. Pertanyaan dari bu Ririn tentang outline , yang dijawab oleh Mazmo sebagai berikut:
    - Kerangka disusun berdasarkan unsur-unsur pembangun cerita fiksi
    - Menentukan tema agar pembaca mengerti lingkup cerita fiksi kita
    - Membuat premis sesuai tema
    - Menentukan uraian alur/plot berdasarkan unsur-unsurnya
    - Menentukan penokohan kuat berdasarkan jenis dan teknik penggambaran watak tokoh dengan baik
    - Menentukan latar/setting dengan menunjukkan sisi eksotis dan detail
    - Memilih sudut pandang penceritaan yang unik

2. Bagaimana kiat mudah membangun alur atau plot cerita fiksi?

    1. Tentukan dulu jenis alur/plot yang ingin digunakan;
    2. Memahami unsur-unsur alur/plot yang meliputi Pengenalan cerita, Awal konflik, Menuju konflik,     Konflik memuncak/klimaks, Penyelesaian/ending.

3. Pertanyaan dari bu Puspa mengenai alur dari kisah nyata yang apik
    1. Kuncinya tambahkan bumbu berupa konflik, hambatan/tantangan yang dihadapi tokoh, ending                 yang menyentuh, dll;
    2. Memberikan penjelasan selangkah demi selangkah terkait detail karakter, sifat, watak dengan                 metode show don't tell. Kemudian gambarkan tokoh melalui gaya bahasa, lingkungan tokoh,                 perilaku
    3. Kunci menjaga netralitas penulis POV 1 adalah jangan baper. Tempatkan diri sebagai penulis,                 bukan tokoh.

Mazmo melanjutkan materi ke 6


6 .  Koneksi Antarmateri. 

        Pada alur belajar ini, kami dipersilakan  menuliskan kesimpulan dari materi belajar malam ini, dan         dituangkan dalam resume .


7. Aksi Nyata.

     Alur belajar ini, yaitu terkait dengan penerapan materi malam ini dalam bentuk tulisan, yaitu resume      hasil belajar. Mazmo memberikan link  channel Youtube nya  di https://youtu.be/dXX9RWxT_u8.         Beliaupun mengakhiri  pertemuan hari ini. Acara di tutup oleh Mr. Bams selaku moderator.

Terimakasih Mazmo atas ilmu yang diberikan malam ini . Semoga Allah selalu memberkahimu.

Alhamdulillah , resumepun selesai.

Bogor, 30 Januari 2023

Ina


Komentar

  1. Oke Bun... tinggal praktik nulis fiksi. Salam

    BalasHapus
  2. Jadi penasaran dengan cerita gunung Merapi y Bun..

    BalasHapus
  3. Semangat Bu Ina.....menyimak dengan baik ...lengkap copas ke word dan edit Dikti. Semoga cepat menjelma kumpulan cerita fiksinya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rapat Pleno Kenaikan Kelas SD Islam Al-Fajar di halaman Sekolah....Ada apa?

TENTANG PALESTINA. Mengapa harus membelanya?

Putriku Tersayang Hari ini 21 Usiamu