Menulis buku Mayor bersama Prof. Ekoji

 Resume                  : 6

Gelombang             : 28       

Tanggal                 : 20 Januari 202

Tema                     : Menulis Buku Mayor dalam Dua Minggu
 
Nara Sumber       : Prof. Richardus Eko Indrajit
 
Moderator            : Aam Nurhasanah, S.Pd  

      
Bismillahirrohmanirrohim,
 
            Jumat terindah di pekan ini. Aku menyambut hari dengan begitu bersemangat. Hari ini aku akan  bertemu dengan seorang profesor yang hebat . Beliau seorang penulis, Motivator dan youtober. Pertemuan ke enam di kelas menulis  sangat luarbiasa. Sejak munculnya fliyer di WA  grup tampak penyambutan antusias dari para anggota KBMN 28. Rasa penasaran dan rasa ingin tahu yang tinggi , tentang narasumber beserta materi yang akan di bawakannya. Tak luput juga   Ibu Aam Nurhasanah yang menjadi  moderator, yang pada pertemuan ke tiga beliau sebagai narasumber yang karyanya sungguh luar biasa. Lengkaplah sudah perhelatan malam ini oleh dua tokoh KBMN yang mumpuni dibidangnya.
    
                Sebelum lanjut ke resume, rasanya ingin menulis dulu tentang hari ini. Hari berkah yang sangat padat. Berangkat sekolah dengan tergopoh gopoh di antar suami tercinta. Kebiasaan buruk , berangkat mepet waktu . ya Robb , ini yang sulit dihilangkan.  Senangnya dianter suami, karena tidak perlu cari parkiran. Sampe sekolah langsung turun, cium tangan lalu melesat ke mesin pinger print yang tersedia di ruang operator. Alhamdulillah bel saat sampe sekolah belum berbunyi ..baru setelah bebrapa saat, setelah itu bel berbunyi dan seprtia biasa kami mengadakan ikrar pagi di lapangan. Hari ini seperti yang telah di rencanakan oleh kepala sekolah, level kelas 6 akan melaksanakan Jumat berbagi. ada lima anak dari perwakilan tiap kelas . kami berjalan menuju jalan raya sambil membawa makanan yang akan kami bagikan. lalu lalang kendaraan tidak terlalu ramai, alhamdulillah semuanya kondusip dan pembagian snack untuk sarapan pagi bagi pengendara sudah selesai dalam waktu kurang lebih 15 menit. semoga menjadi amal soleh dan Allah catat menjadi pahala pemberat timbangan untuk masuk ke surga.  

            Siang hari menuju sore, usai  mengajar , bersiap untuk mengikuti terapi di Jamun.  Pkl. 16.10, selesai terapi ada jadual Liqo , pulang dulu ke rumah kemudian lanjut ke rumah Bu Santi ...sampai di sana , Liqo sudah sudah mulai. Aah....terlambat.  Menjelang Magrib kajian selesai. Lalu bersiap untuk mengikuti Kelas Menulis PGRI.
Masya Allah........

      Moderator malam ini yaitu Ibu Aam Nurhasanah,S.Pd. Beliau seorang penulis yang telah menghasilkan puluhan buku Antalogi dan beberapa buku solo. Adapun narasumber nya yaitu Prof Richardus Eko Indrajit , beliau adalah seorang penulis besar yang bisa mengantarkan mimpi kita semua menuju penerbit mayor. Insya Allah.

 
Bu Aam menyapa kami semua dengan penuh semangat. Mengajak kami semua mempersiapkan diri untuk  menerima materi  malam ini, dengan menyiapkan gelas kosong untuk menampung ilmu dari Prof. Ekoji.
Bu Aam memperkenalkan diri dan menyebutkan kembali tema malam ini yaitu Menulis Buku Mayor dalam Dua Minggu. Kemudian memperkenalkan narasumber .
        Narasumber kali ini adalah orang hebat, yang memiliki nama  Prof. Richardus Eko Indrajit.  Nama lengkap beliau Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A. (lahir 24 Januari 1969) atau Eko Indrajit . Beliau adalah  seorang tokoh pendidikan dan pakar teknologi informatika  yang kini menjabat Rektor Universitas Pradita.
Selain dikenal sebagai sosok penggerak riset informatika dan teknologi digital, Bapak Eko Indrajit adalah narasumber yang aktif di berbagai seminar, lokakarya, dan penulis buku serta jurnal yang telah dipublikasikan di dalam maupun luar negeri. Kini, ia tercatat sebagai salah satu anggota Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia  dan menjadi Ketua Smart Learning and Character Center (PSLCC)  yang berperan melakukan pengembangan profesi guru  dan pendidikan karakter berbasis teknologi dan informasi. 
Baru tahu ternyata Pak Indrajit adalah suami dari Lisa A Riyanto , seorang penyanyi putri dari penyanyi legendaris A. Riyanto. Beliau memiliki putra 6 orang. Luar biasanya .
  
        Prof. Indrajit seorang yang luar biasa, beliau menyapa kami dengan ramah . Begitu menghargai kami dan tetap memberi penghormatan terbaik untuk kami audiennya dengan memanggil kami , guru penulis yang hebat-hebat.  Seperti  itulah gaya seorang motivator. Demikian juga Prof. Indrajit sangat bangga dengan prestasi bu Aam sebagai salah satu penulis hebat dan mandiri yang telah berhasil menerbitkan banyak buku termasuk buku mayor yang di tulis atas arahan dan bimbingan beliau.

 
         Prof Ekoji kemudian melanjutkan ke pembahasan tentang buku mayor.  Buku mayor yaitu karya tulis yang diterbitkan oleh penerbit nasional. Pak Indrajid telah menulis kurang lebih 121 buku mayor semenjak beliau  selesai kuliah. Beliau  sudah menulis kurang lebih 623 artikel, dalam bahasa Indonesia maupun Inggris . Masya Allah....luar biasa. 
         Prof Ekoji  senang menulis semenjak Sekolah Dasar, tetapi  tulisan pertamanya baru diterbitkan majalah ketika beliau duduk di bangku SMP. Alasan beliau senang menulis adalah karena ingin membagi ide, pemikiran, gagasan, dan cerita kepada orang lain. Lama-lama jadi ketagihan menulis, begitu ujarnya. Beliau  merasa bahwa semakin beliau  banyak membaca buku dan menonton televisi (dulu belum ada internet), semakin tinggi keinginannya untuk menulis. 
            Buku Mayor yang pertama ditulis oleh Prof Indrajit terbit pada  tahun 2000, yaitu dua tahun setelah krisis dan reformasi. ( Kalau saya tahun 2000 baru mengajar di SD yang sampai sekarang saya mengabdi di sana, yaitu SD islam Al-Fajar).  Sepuluh buku Prof Ekoji  isinya adalah bunga rampai. Setiap buku terdiri dari 50 artikel. Setiap artikel berisi ringkasan SATU TOPIK yang sedang menjadi trend pada saat itu. 
Buku yang ditulis Prof. Indrajit , secara tidak terduga, saat itu  begitu banyak yang membelinya, sehingga  membuatnya semakin  ketagihan menulis. 
        Setiap kali menulis, Profesor Ekoji selalu mencantumkan nomor Handphone dalam setiap  bukunya . Pada saat yang sama banyak SMS (dulu belum ada WA) yang masuk ke nomor handphone nya mengucapkan terima kasih atas buku yang beliau buat.  Hal ini yang menambah motivasi bagi beliau , sehingga hobby nya menulis semakin menjadi-jadi, dan tentu saja hal tersebut membesarkan hati dan   merasa hidupnya menjadi lebih berguna untuk orang lain. 
        Pada saat terjadi pandemi covid 19 , semua kegiatan pembelajaran dialihkan ke rumah. Murid dan siswa belajar dari rumah. Situasi yang terjadi, dimanfaatkan dengan baik oleh Prof.   Ekoji . Pada pada tanggal 16 Maret 2020  memutuskan untuk menjadi youtuber. Setiap hari beliau  membuat satu youtube, yang isinya hal-hal yang  berkaitan dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh  ). Saat itu PPJ  sedang menjadi pembicaraan nasional. 
        Agar youtobenya banyak yang menonton , beliau membuat youtube dengan judul aneh-aneh, seperti gamification, flipped classroom, collaborative learning, metaverse, IOT, big data, dan lain sebagainya . 
        Ketika Oom Jay mengajak beliau  untuk mengajar guru-guru menulis, beliau  tergerak untuk bereksperimen. Setiap guru diminta untuk membuka youtube  dengan alamat EKOJI CHANNEl. Dalam acara tersebut setiap guru diminta untuk menuliskan apapun yang beliau sampaikan di youtube tersebut. Setelah itu beliau memberikan tambahan referensi untuk memperkaya konten.  Alhasil, dari 30 guru yang berniat bergabung, 19 buku diterbitkan. Dan dari 19 buku tersebut, satu buku terpilih jadi Buku Terbaik Nasional versi Perpusnas untuk kategori PJJ. Masya Allah , kereen kan....      Sampai saat ini  sudah lebih dari buku guru-guru hebat yang berhasil diterbitkan oleh Penerbit ANDI. 
        Pada kesempatan ini pun , Prof Ekoji memberikan kesempatan dan  mengajak guru-guru pada kelas KBMN  yang tertarik untuk menjadi penulis buku mayor dipersilakan untuk mendaftarkan diri. Beliau  akan memberikan SEBUAH TEMA, kemudian dengan bimbingan beliau  dan bu Aam akan   dieksekusi  tema tersebut sehingga menjadi buku. Tema akan beliau bagikan, jadi tidak menulis tema sendiri. Yang ikut adalah yang   berniat serius untuk menulis.
Duuh....rasanya aku tertarik ingin sekali mencoba..........
Target beliau untuk angkatan ini adalah buku-buku sudah masuk ke penerbit. untuk dikurasi SEBELUM Idul Fitri.
        
        Jika ingin menuliskan buku yang diterbitkaan mayor, kita  harus mengikuti KEBUTUHAN PASAR.
Jadi kita menulis BUKAN UNTUK DIRI SENDIRI, tapi UNTUK ORANG LAIN.
Contoh Judul;
Classroom Design and Management
Community Based Learning
Computer-Based Assessment
Competency-Based Learning
Computer-Adaptive Assessment
The 21st Century Learning Skills
         Profesor Indrajit menyarankan dalam menulis buku Mayor harus mencari judul yang Anti Mainstream. Kalau judulnya biasa-biasa saja penerbit mayor tidak tertarik untuk menerbitkannya.  Beliau mengajak langsung EKSEKUSI, DISKUSINYA NANTI, seperti kebiasaan beliau. Kebanyakan orang senangnya berdiskusi dan TAKUT EKSEKUSI.
           Prof Ekoji memberikan link viedo , jika kita ingin tahu  APA YANG ADA DI KEPALA PENERBIT MAYOR, ikuti video ini: https://www.youtube.com/watch?v=17v72RUhZIY
Beliau menyampaikan , mulai Workshop tanggal 25 Januari 2023, satu hari setelah  ulang tahun. 
Nah...aku nekad mau ikut ....dan gabung dengan grup JANUARI BERSERI yang dibuat oleh bua Aam. Namun.....mengukur  kemampuan....dan waktu yang belum bisa aku taklukan, akhirnya mundur sebelum ke medan tempur. Aku memilih  fokus dulu ke kelas KBMN 28.  Ada sedikit kecewa dalam diri, karena mundur dari medan laga yang harusnya aku maju terus dan jangan menyerah.  Semoga ... waktu lain waktu  bisa menguti menulis buku mayor, dan  kesempatan datang  kembali.


Alhamdulillah , resume selesai , namun tetap mulur .....seperti benang yang di tarik dari gulungannya...hehehe....

Bogor, 21 Januari 2023
Eninina
        
 
 
        

Komentar

  1. Semangat bu Ina. Keren.. Saya belum sempat ngeresume malah..hehe

    BalasHapus
  2. Bu Deasy.....hayuuu...semangat jugaa.....saya mah selalu telat ngumpulin

    BalasHapus
  3. Super sekali Ina. Lengkap . Menyimak dengan baik ..semoga cepat menjelma buku Solonya. Amankan resume ini di word yha. .👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah....aamiin terimakasih Wi.... Terus dipantau ya diriku...takut nyasar...hehe

      Hapus
  4. Mantap, terus semangat !
    Jika berkenan silahkan mampir ke lilik-kistiana.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Mantao and keren tulisannya Pak.. lanjuut...

    BalasHapus
  6. great bunda sudi mampir k blog saya ya bun thank https://nurhasnaheducator.blogspot.com/ https://www.kompasiana.com/nurhasnahss92383/63cfee9b812e6908d0628063/recovery-from-writer-s-block-illness

    BalasHapus
  7. Coba terus menulis ...semog tembus ke penerbit mayor

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rapat Pleno Kenaikan Kelas SD Islam Al-Fajar di halaman Sekolah....Ada apa?

TENTANG PALESTINA. Mengapa harus membelanya?

Putriku Tersayang Hari ini 21 Usiamu