Blog , Akhirnya Kau Datang..


Resume ke    : 5

Gelombang   : 28 

Tanggal          : 18 Januari 2023

Tema              :  Blog sebagai Media Pembelajaran

Narasumber    : Dail Maruf , S.Pd. M.Pd. 

Moderator     : Purbasita 



Bismillahirrohmanirrohim, 


Hari ke lima di kelas menulis.  Rasanya aku semakin terseok Seok menyetorkan resume . Tadi siang baru sempat menyetorkan resume ke-4. Tapi meski begitu tetap  kuucapkan Alhamdulillah....karena selesai sebelum waktu pertemuan ke 5 .

Malam ini setelah usai melaksanakan  solat Maghrib, tanpa membuka mukena terlebih dahulu aku langsung menyiapkan diri....menyimak materi .  

Sebelum pukul 19.00 ruang kelas Grup whatshap  sudah mulai ramai bahkan ruang grup WA KBMN ini memang tidak pernah sepi selalu ramai dan hidup terus. Seperti apotik 24 jam .

Pukul 19.00 kelas mulai di gembok,  hanya admin yang bisa komentar di grup. Kami sudah siap dengan materi kuliah hari ini.

Tentang Blog........dan pembelajaran di sekolah.

Mba Sita selaku moderator membuka acara dengan membacakan pantun. 

"Pagi hari makan kelapa
Rasanya enak bikin tertawa
Kita disini telah berjumpa
Untuk acara yang istimewa."

Lanjut pantun lagi....sambil menunggu pemateri hadir" .


"Wanita jelita menjadi biduan
Bingung sejenak cari alamat
Selamat datang tuan dan puan
Semoga acara ini membawa manfaat"


Moderator menyampaikan materi hari ini  yaitu Blog sebagai media pembelajaran.



 

Sebelum ke Materi biasanya moderator menyampaikan biodata narasumber dengan detil. Tapi kali ini tidak . Aku penasaran.....apakah aku ketinggalan sesi ......ah aku cari tahu saja ....melipir dulu....dan kutemukan Profil Bapak Dail Ma'ruf. Beliau pernah di pertemuan pertama menjadi moderator. Beliau lahir di Kota Serang 13 Mei 1977 dari pasangan Muhammad Nur dan juhariyyah. Melanjutkan S1 di IKIP Jakarta tahun 2003, menyelesaikan S2 di Unindra Jakarta tahun 2014 dan menempuh S1 PGSD di STKIP Pelita Pratama Serang lulus tahun 2019 Kemudian Beliau ikut PPG tahun 2021 angkatan 1 di Universitas Ki Ageng Tirtayasa.

Beliau bergabung dengan tim Solid Om Jay di Gelombang 21 . Beberapa buku telah diterbitkannya. luar biasa.

  


Moderator kembali mengemukakan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul tentang blog.  Sama halnya dengan diriku yang awalnya belum paham tentang blog. Apakah yang dinamakan blog itu lalu untuk apa di gunakan, dan apakah bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.
Pertanyaan- pertanyaan  yang sangat mendasar itu akan dijawab oleh Pak Damar . 

Bu Sita menyampaikan.  kuliah dibagi menjadi 4 sesi yaitu pembukaan, pemaparan materi, tanya jawab dan  penutup .

Sebelum memulai pemaparan materi, Pak  Damar bercerita  pada waktu gabung di KBMN 20,   1,5 tahun yang lalu, beliau  belum punya Blog, tapi bermodal semangat ingin ikut KBMN selama 2,5 bulan atau 30 materi, beliau  langsung japri Om Jay, pendiri KBMN, meminta arahan bagaimana cara buat Blog. Sama dong Pak Damar dengan diriku ...hanya saya yang ku japri adalah sahabat mujahidahku , yaitu Helwihah Ewi.

Pak Damar menyampaikan pesan , "jangan minder apalagi putus asa". "Dengan tekad dan niat belajar, diiringi  ketahan bantingan, insya Allah akan hasil maksud , bisa punya buku, sebagai mahkota bagi penulisnya."
Pepatah populer itu diungkapkannya  MAN JADDA WAJADA atau THERE ARE A WANT THERE ARE A WAY". Aku sangat setuju Pak Damar.

Menurut pak Damar , Blog sama dengan medsos lainnya seperti FB, IG, Email , Tiktok, dan You Tube ,bisa kita gunakan untuk hal positif dan manfaat, diantaranya bagi guru, bisa dijadikan media pembelajaran yang efektif.
Kata “blog” berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali pada 1998 oleh Jhon Barger.

Blog bisa dikatakan website yang bersifat pribadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu.
Dengan kata lain, blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan halhal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarknnya pada komunitas global.

 

Ketika penayangan  Slide 3 kita semua melihat , bahwa diantara lima bloger terkenal itu , tidak ada nama Omjay, padahal menurut pa Damar kalaulah beliau yang meranking , dan ditulis pada tulisan biru,  maka nomor 1 Om Jay dan Pak Dedi Dwitagama. 


Melihat  slide 4 terlihat disana nominal yang pantastik , pendapatan sebagai seorang blogger . Di sini kita jadi faham bahwa menjadi Bloger itu bisa kaya. Perhatikan  saja no 1 bloger terkenal di Indonesia penghasilannya 21 juta.
Semoga kelak salah satu dari 1.000 peserta, akan ada yang seperti Herman Yudiona dan Raditya Dika. 

YAKINLAH    dengan  menjadi Bloger maka impian kita untuk menulis  banyak buku bisa menjadi kenyataan.

Insya Allah...aamiin yaa robb.

Blog  dikelompokan dan dibagi berdasarkan tema dan kepentingan. 

Jenis- jenis Blog 


1.  Blog Pendidikan

2 . Blog Sastra

3. Blog Pribadi

4. Blog bertopik

5. Blog Kesehatan

6. Blog politik

7. Blog Perjalanan

8. Blog Riset 

9.  Blog Hukum 

10. Blog Media artinya Blog berita.

11. Blog Agama :

12. Blog Bisnis,

 

 5.  Manfaat  Blog 

 


1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi ilmu

Disini kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperti kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya. 

2. Blog memudahkan dan meringankan tugas guru. Materi dan pembelajaran bisa di lakukan melalui blog.

3. Blog dapat meningkatkan minat belajar. 

4. Blog dapat diakses oleh semua orang dimana pun berada.

5. Blog dapat menjadi silaturahim.

Resume ini seharusnya sudah selesai kemaren , atau sesaat setelah selesai mendengarkan pemateri, namun....entahlah......seperti kura kura berjalan ...kenapa sulit yaa...menyelesaikan ini?

Di detik detik terakhir .....ingin menyelesaikan ... Dan sedang edit terakhir , tiba tiba di kelas ada siswa bermasalah.....terjadi konflik antar teman. Padahal sebelumnya mereka bersahabat, namun sekarang mereka terbelah....dua sahabat berhadapan dengan dua sahabat mereka sendiri,  hanya karena salah paham.  Dan aku harus menyelesaikan .

Alhamdulillah......resume selesai.  

Bekasi, 20 Januari 2023


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rapat Pleno Kenaikan Kelas SD Islam Al-Fajar di halaman Sekolah....Ada apa?

TENTANG PALESTINA. Mengapa harus membelanya?

Putriku Tersayang Hari ini 21 Usiamu